Assalamu'alaykum...

Jika tidak ada manfaat yang bisa diambil, semoga tidak ada mudharat yang diperoleh ketika anda "nyasar" ke sini. Salam santun penuh cinta

Selasa, 29 Mei 2012 - 0 komentar

Belajar Qur'an dan Mengajarkannya

Dulu tidak pernah berpikir untuk mempelajari Al Qur'an sampai seperti sekarang ini. Kedua orangtua yang sudah mengenalkan Al Qur'an sebagai kitab suci kepadaku dari kecil membuatku merasa sudah cukup. Cukup karena aku sudah bisa membaca setiap deretan tulisan arab itu dengan lancar. Lancar? Ya, sekedar lancar saja tanpa tahu mana hukum bacaan dan cara membacanya dengan baik sesuai dengan hak dan mustahak huruf.

Dan kini, aku  masuk satu lembaga tahfidz bergaul dengan ibu-ibu yang notabene sudah mempunyai anak bahkan cucu. Menjadi bagian dari mereka adalah salah satu karunia terindah. Silaturahim yang terjalin begitu indah. Silaturahim yang terbentuk karena satu tujuan, bersama meraih ridho-Nya untuk mempelajari membaca kitab-Nya dengan benar.

2,5 tahun sudah menjadi bagian mereka. Bukan berarti aku sudah menjadi seorang yang mahir atau menjadi hafidzoh seperti tujuanku belajar disana. Belum sama sekali. Jika belajar di sekolah atau universitas ada batas waktu kapan selesai, tidak disana. Kemauan dan niatlah yang akan membuatku menjadi hafidzoh. Lima, sepuluh atau bahkan seumur hidup untuk mencapai gelar itu. Menghafal semua firman-Nya.

Kini, meski masih sekian persen (satu persen pun belum mungkin) aku menghafal, setidaknya ada yang berubah dari diri ini. Tilawah Qur'an yang biasanya dilakukan jika sedang mood saja, kini tidak lagi. Mood baik atau buruk aku harus melakukannya, hatta hanya satu halaman. Harus!

Dan lagu-lagu juga sudah mulai berkurang aku dengarkan. Berganti dengan alunan suara Mishari Rasheed, seorang Qori yang suaranya sungguh membuatku terpesona.

Awalnya hanya ingin belajar untuk diri sendiri. Tetapi kini Allah memberikan kesempatanku untuk mengajarkan ilmu yang aku dapat ke yang lain. Menjadi mentor program membaca Qur'an di salah satu SMP negeri di kota ini. Dengan bayaran yang begitu mahal. Tidak dengan rupiah atau dollar. Tapi dnegan sejumput pahala yang semoga bisa menjadi tabungan akhirat.

Senang rasanya melihat anak-anak itu begitu antusias belajar Qur'an. Segala puji hanya untuk-Mu ya Allah, mereka masih mau mengenal kitab-Mu. Alhamdulillah. Semoga Engkau tetap menjadikan diri ini bermanfaat buat orang lain.

Salah satu hadits penyemangatku :

Dari Utsman bin Affan ra ia berkata, rasulullah SAW bersabda; " Orang yang paling baik diantara kalian adalah orang yang mempelajari Alqur'an dan mengajarkannya" (HR. Bukhari, Abu Dawud, at tirmidzi, Ibnu Majah dan Addarimi)


0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Entri Populer

Salam cinta

Salam cinta